Diberdayakan oleh Blogger.
Selamat Datang di Belajar Web Blog Mamaku Papua

About Me

Hidupku ini ingin membahagiakan masyarakat kecil, namun masih agang-agang tapi saya yakin dan percaya kepada TUHAN bahwa pasti suatu saat akan terwujut untuk membahagiakan masyarakat yang sedang tersiksa di tanah mama papua ini.

Random Post

Popular Post

Jumat, 14 Juni 2013

AWIGI PAPA TIDAK LAYAK UNTUK MEKARKAN OTONOM BARU



.
Untuk mekarkan suatu otonom baru mempertimbangkan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam, (SDA) kemudian geografis yang traktegis apaka awigipapa sudah siap semua bidang untuk orang asli awigipapa seperti bidang kesehatan tenaga dokter,tenaga  guru, ekonomi, bahkan bidan lain yang bersain di kursi empuk unuk mengatur semua bidang itu.
     Kami sebagai intlektual berpikir untuk masa depan masyarakat ke lima distrik, mengapa ketika mekarkan kabupaten baru pasti menghancurkan sumber daya alam (SDA) tempat tinggal MANITA, UKANIYA, EPANIYA, AGIYO MUNETAI ENIYA kemudian masyarakat mengusir jauh dari tempat tinggal yang ditempatkan oleh yang pencipta kemudian moralitas rakyat hangcur. 
Letak geografis ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam penentuan calon lokasi ibu kota kabupaten. Hal ini di karenakan karena fungsi kota sebagai pusat pelayanan,serta pusat kegiatan lainnya. Kemudian pandangan saya sendiri di mekarkan kabupaen baru dengan nama kabupaten AWIGI PAPA ke lima distrik tidak layak karena letak geografisnya tidak cocok untuk menjadi kabupaten baru. 
Pemekaran kabupaten baru oknum tertentu yang  di mekarkan sehingga kini mengkorbankan rakyat  yang tidak salah.  Kamudian didaerah penempatan tersebut di kuasai oleh orang-orang yang tertentu di sepakat bersama dengan parah pengagas otonom baru.
 Dari pengalaman beberapa tahun terakhir pemekaran daerah otonomi baru di pegunungan tengah, kususnya Meuwodide ternyata belum pernah perubahan yang signifikan di masyarakat kita justru yang terjadi adalah rakyat semkin terpingirkan dan trabaikan
        Berangkat dari pengalaman Pemekaran otonom baru  yang begitu banyak, uang banyak dimakan oleh orang pemerintan, rakyat tidak dapat apa-apa, kemudian rakyat mengusir dari perkotaan ke polosok, itu yang dilupakan, jadi kita harus hati-hati dengan pemekaran wilayah.
      Pemekaran wilayah,  akan banyak menimbulkan masalah baru, penduduk asli semakin tersingkir, karena tidak mampu bersain sementara disisi lain pemekaran wilayah ini membuka akses seluasnya kepada penduduk lain yang lebih siap dalam segala hal untuk masuk di jajah. Pemekaran justru akan mengundang orang banyak dari luar masuk ke Papua, oleh karena itu pemekaran kita usulkan untuk sekarang ini stop dulu, sekarang saja yang ada belum di urus baik.
      Lama-lama semua kampung di pegunungan tengah kususnya di Meuwodide jadi kabupaten, mana yang mau diurus, sebentar ini dan itu, uang datang di kabupaten baru dipakai bangun kantor dan gedung-gedung mewah lainnya, beli mobil rakyat tidak dapat apa-apa.
      Oleh karena itu,  usulan pemekaran harus dilakukan secara hati-hati, karena kalah bersain dunia politik sehingga pihak-pihak tertentu akan mekarkan otonom baru.  


 Penulis : Emigay Yogi.




Komentar :

ada 0 komentar ke “AWIGI PAPA TIDAK LAYAK UNTUK MEKARKAN OTONOM BARU”

Posting Komentar

web Organisasi

Hidup ini penuh dengan tangan setiap individu selalu menghadapi tetapi tangan itu jangan kasih biar begitu saja langka-langka apa saja saya ambil agar lewati tantangan tersebut Mari setiap individu berlutut kepada TUHAN agar tantangan ini ambil ahli kepadanya dan kami hadapi dengan penuh kesabaran
 
V A R I A S I

Agadide

!
V A R I A S I

Bersuawa anak papua

Daftar Blog Saya

This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Kartana I Wayan